google-site-verification: googlec6be98f9f3e9dde4.html Waduk Delingan

Waduk Delingan

Tidak ada komentar
Waduk Delingan atau Waduk Tertomarto adalah sebuah danau buatan yang sudah ada pada zaman penjajahan Belanda, sekarang Waduk Delingan berada di bawah kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo. Waduk Delingan terletak di jalan Raya Karanganyar - Mojogedang Km 5 tepatnya di Desa Delingan Kecamatan Karanganyar. Waduk Delingan di bangun pada tahun 1923 memiliki luas 185 hektare dan sudah mengalami beberapa kali pemugaran. Waduk ini dibangun untuk irigasi bagi pertanian di daerah Delingan dan sekitarnya.


Waktu yang tepat untuk berkunjung adalalah dipagi hari karena pengunjung dapat menyaksikan sunrise yang indah. Jika cuaca cerah pengunjung dapat melihat refleksi matahari terbit yang dipantulkan secara sempurna oleh Waduk Delingan, karena waduk yang terletak di tengah-tengah perbukitan dan persawahan maka pengunjung  juga dapat melihat hutan yang lebat, persawahan yang luas dan Gunung Lawu yang menjadi latar dibelakangnya. Gunung Lawu dapat terlihat dengan jelas bila kita duduk di pinggir waduk dan menghadap ketimur, Gunung Lawu terlihat jelas berada di tengah-tengah waduk. Untuk bisa melihat air waduk pengunjug harus menaiki anak tangga terlebih dahulu. Bila datang di pagi hari kita juga dapat lari pagi atau berjalan-jalan  di sepanjang pinggir waduk dan menghirup udara yang segar.

Fasilitas yang terdapat di Waduk Delingan diantaranya tempat parkir yang luas, mushola, kamar mandi, bungalo yang terdapat di pinggir waduk, warung makan. 


Tidak ada komentar :

Posting Komentar