google-site-verification: googlec6be98f9f3e9dde4.html Situs Watu Kandang

Situs Watu Kandang

Tidak ada komentar
Situs Watu Kandang terletak di Dukuh Ngasinan Lor,  Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih. Terletak di sekitar persawahan di tepi jalan raya Mangadeg Tawangmangu. Situs Watu Kandang merupakan situs peninggalan zaman Megalithikum, Para ahli arkeologi berpendapat Situs Watu Kandang berasal dari masa Megalitik Tua. 

Situs Watu Kandang berupa bangunan temu gelang yaitu sekelompok batu yang disusun dalam bentuk formasi temu gelang oleh penduduk sekitar di sebut watu kandang. Struktur batu temu gelang yang terdapat di Situs Watu Kandang ada be
berapa macam diantaranya berbentuk persegi panjang, oval dan tidak beraturan, ada yang berukuran besar dan kecil. Juga di temukan adanya menhir yaitu batu tegak yang didirikan sebagai lambang arwah nenek moyang, dan juga kursi batu atau tahta batu yaitu bangunan menyerupai kursi terdiri dari bagian sandaran dan alas yang disusun dari lempengan-lempengan batu. 

Bentuk Situs Watu Kandang
  • Punden Berundak yaitu berupa batu yang berdiri condong sehingga seperti punden berundak yang biasanya disembah sebagai nenek moyang mereka.
  • Menhir yaitu berupa batu besar yang berdiri tegak seperti tugu
  • Dolmen yaitu batu yang berbentuk seperti meja di tengah-tengah batu yang lainnya, di perkirakan sebagai tempat meletakkan sesaji untuk roh nenek moyang.
  • Lumbung Batu yaitu batu yang berbentuk besar  dan lebar, tengahnya berbentuk cekung dan dalam, diperkirakan tempat mengupasan kulit padi. 
  • Gerabah dengan ditemukannya berbagai manik-manik yang terbuat dari tanah liat
  • Kubur Batu yaitu tempat untuk meletakkan jenazah yang berbentuk persegi empat 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar