google-site-verification: googlec6be98f9f3e9dde4.html Taman Hutan Raya K.G.P.A.A Mangkunagoro I

Taman Hutan Raya K.G.P.A.A Mangkunagoro I

Tidak ada komentar
Taman Hutan Raya atau yang sering disebut Tahura merupaka kawasan pelestarian alam untuk penunjang pendidikan dan pariwisata. Tahura terletak di Dusun Sukuh Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso tepatnya di kaki Gunung Lawu dengan ketinggian ± 1.200 m dpl. Merupakan satu-satunya taman hutan raya di Provinsi Jawa Tengah. Tahura dikelola oleh Balai Penelitian Tumbuhan dan Pengelolaan Taman Hutan Raya (BPTP Tahura), yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah. 

Di Tahura terdapat berbagai jenis flora terdiri dari berbagai jenis vegetasi endemik dan fauna yang sebagian merupakan fauna langka yang berjumlah sekitar 34 binatang. Keanekaragaman flora dan fauna dapat dikembangkan sebagai media pendidikan dan penelitian juga dapat di gunakan sebagai gudang ilmu pengetahuan. 

Tahura sebagai tempat wisata memiliki fasilitas yang memadai seperti area parkir yang luas, mck, mushola, juga tersedia villa bagi pengunjung yang ingin menginap. Terdapat arena bermain yang cukup luas cocok untuk rekreasi bersama keluarga. Wisata yang di tawarkan di Tahura seperti wisata alam, wisata satwa, wisata menanam, wisata berkuda, camping ground, outbond, wisata snapshoot, wisata memanah dan wisata religi. Terdapat juga jalur pendakian menuju ke puncak lawu. 

Di dalam kawasan Tahura terdapat Situs Cemoro Bulus dan Sendang Raja yang merupakan peninggalan zaman dulu. Situs Cemoro Bulus adalah sebuah Arca Kura-Kura yang masih ada kaitannya dengan Candi Suuh. Dalam mitologi Hindhu Arca Kura-Kura melambangkan Bhur Loka atau Alam Bawah yaitu Dasar Gunung Mahameru. Ada juga yang mengatakan Situs Cemoro Bulus merupakan portal gaib menuju puncak lawu. Sendang Raja adalah sumber mata air peninggalan zaman dulu yang ditemukan oleh Pengelola Tahura. 


Tidak ada komentar :

Posting Komentar