google-site-verification: googlec6be98f9f3e9dde4.html Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu

Tidak ada komentar
Air Terjun Grojogan Sewu terletak di Lereng Lawu tepatnya di Desa Sepanjang Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Air Terjun Grojogan Sewu bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu. Hutan wisata ini memiliki luas 20 Ha, Ditumbuhi berbagai jenis pohon dan juga sekelompok kera jinak.

Nama Air Terjun Grojogan Sewu berasal dari Seribu Pecak kaki orang dewasa, ukuran jarak yang digunakan pada zaman dulu. Air Terjun Grojogan Sewu tidak berjumlah sewu/seribu, tetapi ada beberapa titik air yang dapat dinikmati. Debit air terjun cukup besar walaupun musim kemarau air yang mengalir cukup besar, ini juga yang menjadi sebab di sebut dengan Air Terjun Grojogan Sewu. Air Terjun tertinggi mencapai sekitar 80 M, ada juga air terjun yang tidak terlalu tinggi tetapi pancaran airnya dapat menyebar membentuk cabang-cabang. Pada musim penghujan sekitar tebing akan dihujani dengan air terjun tetapi pada musim kemarau banyak air terjun yang tidak mengalir. 

Air Terjun Grojogan Sewu terletak di lereng Gunung Lawu yang merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Tengah. Pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk dan segar akan menyambut kedatangan kita di Air Terjun Grojogan Sewu. 

Untuk masuk ke Wisata Air Terjun Grojogan Sewu ada 2 pintu masuk, yang berada di bagian bawah dan di bagian atas. Pengunjung yang menggunaka mobil dan bus lebih memilih penggunakan pintu  masuk bagian atas. 

Sebelum sampai di Air Terjun pengunjung harus melewati anak tangga yang akan membuat kaki sedikit capek, Di perjalanan melewati anak tangga pengunjung akan bertemu dengan kera yang berkeliaran dan bergantungan di pohon dan kicauan burung. 

Sebelum sampai di Air Terjun pengunjung akan melewati sebuah jembatan, jembatan ini terkenal dengan nama jembatan cinta. Menurut mitos bila ada pasangan yang belum menikah melewati jembatan ini dan berhenti ketika melewatinya  maka hubungannya tidak akan langgeng. Dari kejauhan pengunjung dapat merasakan gerimis yang berasal dari butiran-butiran air terjun yang terbawa angin. 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar